Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks – Penyakit kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali. Dan ada banyak jenis kanker yang tumbuh dan berkembang. Di antaranya yaitu kanker serviks. Kanker serviks yang dikenal juga dengan sebutan kanker leher rahim, serviks adalah bagian dari saluran reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan rahim atau uterus.

Kanker serviks penyebabnya adalah :

1. Infeksi HPV ( Human Pappiloma Virus ) yang menular lewat hubungan seksual baik secara vaginal maupun oral. Virus ini adalah penyebab utama kanker pada organ genitalia wanita seperti serviks, vagina, endometrium dan ovari.

2.Merokok

Rokok mengandung zat kimia yang dapat merusak DNA pada sel jaringan serviks serta melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal infeksi virus HPV. Baik perokok aktif maupun pasif sama-sama memiliki resiko mengidap kanker serviks.

3.Kurangnya konsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah mengandung antioksidan yang merupakan penangkal infeksi dan radikal bebas juga berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

4.Bergonta-ganti pasangan

Sering berganti pasangan dapat menyebabkan resiko terkena kanker serviks karena virus HPV. Dan virus HPV menyebabkan infeksi pada leher rahim.

5.Kehamilan

Mempunyai riwayat kehamilan di bawah usia 17 tahun dan kehamilan yang telah lebih dari 3 kali dapat menyebabkan terkena kanker serviks karena sistem hormonal yang berubah-ubah juga lemahnya sistem kekebalan tubuh pada saat hamil.

6.Riwayat keluarga

Kanker ini diturunkan secara genetis. Ini disebabkan karena tubuh tidak dapat menangkal infeksi virus HPV yang diturunkan pada generasi selanjutnya.

7.Berat badan yang berlebih

Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung memiliki resiko yang lebih tinggi mengidap kanker.

8.Kontrasepsi

Seseorang yang rajin mengkonsumsi kontrasepsi atau pil KB dalam jangka waktu yang cukup lama beresiko mengidap kanker serviks.

Mencegah kanker serviks dapat dilakukan dengan cara menerapkan gaya hidup sehat, hindari stres dan rokok dan hindari makanan yang tidak sehat. Selain itu lakukan suntik vaksin HPV agar tidak terinfeksi virus tersebut. Tidak melakukan seks bebas dalam arti tidak bergonta-ganti pasangan, melakukan pemeriksaan pap smear.

www.juskulitmanggis.co.id

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s